Rabu, 16 Mei 2012

Situasi Dan Lingkungan Fisik Konsumen


Lagi lagi seorang calon ahli gizi mengerjakan tugas yang berkaitan dengan konsumen
sebenarnya apa hubungannya ?
APA ?
Jangan tanyakan aku, karena aku juga ga tau -_-'
Pokoknya dikerjain aja, di print, dan dikumpulin ke loker dosen
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Konsumen adalah makhluk sosial, yang dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Konsumen berinteraksi dengan lingkungan alam sekelilingnya (cuaca, iklim, temperatur dan letak geografi, dan lain-lain). Sesuatu yg berbentuk fisik di sekeliling. konsumen, termasuk didalamnya adalah beragam produk, toko,lokasi toko, hujan, suhu udara, kemacetan lalu lintas, kelembaban, dan tingkat kebisingan. Cuaca akan mempengaruhi apa yg dibeli dan dikonsumsi konsumen (penjualan payung meningkat pada musim hujan).
Berdasarkan kedekatannya dengan konsumen, lingkungan konsumen bisa terbagi  ke dalam tiga bagian, yaitu lingkungan mikro, lingkungan makro, dan lingkungan fisik. Lingkungan mikro adalah lingkungan yang sangat dekat dengan konsumen, yang berinteraksi langsung dengan konsumen dan akan mempengaruhi perilaku, sikap, dan kognitif konsumen tertentu secara langsung. Lingkungan makro adalah lingkungan jauh dari konsumen, bersifat umum dan berskala luas karena itu lingkungan makro memiliki pengaruh luas terhadap masyarakat bukan hanya kepada individu konsumen. Sedangkan lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang berbentuk fisik yang berada disekeliling konsumen, bisa menempati ruang / tidak menempati ruang. Lingkungan Fisik meliputi lokasi, dekorasi, aroma, cahaya, cuaca, dan obyek fisik lainnya yang ada disekeliling konsumen
Situasi merupakan perilaku konsumen di suatu lingkungan untuk tujuan tertentu, situasi konsumen bisa berlangsung sangat singkat (misalnya membeli koran saat menunggu di lampu lalu lintas), lebih lama ( berbelanja di swalayan , 10-15 menit), atau sangat lama ( mencari dan membeli kendaraan bekas, 1-7 hari). Engel, Blackwell, dan Miniard (1995) mengemukakan bahwa pengaruh situasi adalah pengaruh yang muncul dari faktor-faktor yang sangat terkait dengan waktu dan tempat, yang tidak tergantung kepada konsumen dan karakteristik objek (produk atau merek).
Mowen dan Minor (1998) mengemukakan bahwa situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.  Situasi konsumen terdiri dari 3 faktor yaitu tempat dan waktu, penjelasan mengapa perilaku tersebut terjadi, dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen. Situasi konsumen terdiri dari tiga macam, yaitu situasi komunikasi, situasi pembelian, serta situasi pemakaian dan strategi pemasaran. Oleh karena itu dilakukan peneliatian terhadap situasi dan lingkungan fisik konsumen.
Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan lingkungan fisik konsumen di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar tradisional, super market, mini market, dan hyper market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar