Lagi lagi seorang calon ahli gizi mengerjakan tugas yang berkaitan dengan konsumen
sebenarnya apa hubungannya ?
APA ?
Jangan tanyakan aku, karena aku juga ga tau -_-'
Pokoknya dikerjain aja, di print, dan dikumpulin ke loker dosen
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Konsumen adalah makhluk sosial, yang dipengaruhi oleh
lingkungan sosialnya. Konsumen berinteraksi dengan lingkungan alam
sekelilingnya (cuaca, iklim, temperatur dan letak geografi, dan lain-lain). Sesuatu
yg berbentuk fisik di sekeliling. konsumen, termasuk didalamnya adalah beragam
produk, toko,lokasi toko, hujan, suhu udara, kemacetan lalu lintas, kelembaban,
dan tingkat kebisingan. Cuaca akan mempengaruhi apa yg dibeli dan dikonsumsi
konsumen (penjualan payung meningkat pada musim hujan).
Berdasarkan
kedekatannya dengan konsumen, lingkungan konsumen bisa terbagi ke dalam
tiga bagian, yaitu lingkungan mikro, lingkungan makro, dan lingkungan fisik.
Lingkungan mikro adalah lingkungan yang sangat dekat dengan konsumen, yang
berinteraksi langsung dengan konsumen dan akan mempengaruhi perilaku, sikap,
dan kognitif konsumen tertentu secara langsung. Lingkungan makro adalah
lingkungan jauh dari konsumen, bersifat umum dan berskala luas karena itu
lingkungan makro memiliki pengaruh luas terhadap masyarakat bukan hanya kepada
individu konsumen. Sedangkan lingkungan fisik adalah segala sesuatu yang
berbentuk fisik yang berada disekeliling konsumen, bisa menempati ruang / tidak
menempati ruang. Lingkungan Fisik meliputi lokasi, dekorasi, aroma,
cahaya, cuaca, dan obyek fisik lainnya yang ada disekeliling konsumen
Situasi
merupakan perilaku konsumen di suatu lingkungan untuk tujuan tertentu, situasi
konsumen bisa berlangsung sangat singkat (misalnya membeli koran saat menunggu
di lampu lalu lintas), lebih lama ( berbelanja di swalayan , 10-15 menit), atau
sangat lama ( mencari dan membeli kendaraan bekas, 1-7 hari). Engel, Blackwell,
dan Miniard (1995) mengemukakan bahwa pengaruh situasi adalah pengaruh yang muncul
dari faktor-faktor yang sangat terkait dengan waktu dan tempat, yang tidak
tergantung kepada konsumen dan karakteristik objek (produk atau merek).
Mowen
dan Minor (1998) mengemukakan bahwa situasi konsumen adalah faktor lingkungan
sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada
waktu tertentu dan tempat tertentu. Situasi konsumen terdiri dari 3
faktor yaitu tempat dan waktu, penjelasan mengapa perilaku tersebut terjadi,
dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen. Situasi konsumen terdiri dari tiga
macam, yaitu situasi komunikasi, situasi pembelian, serta situasi pemakaian dan
strategi pemasaran. Oleh karena itu dilakukan peneliatian terhadap situasi dan
lingkungan fisik konsumen.
Tujuan
Praktikum
ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan lingkungan fisik konsumen di
berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar tradisional, super market, mini
market, dan hyper market.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar